Belum tahu cara menggabungkan file yang berextension .001?? Caranya di sini
Home » , » Blue Screen Pada Komputer

Blue Screen Pada Komputer

Sumber gambar Blue screen
Duniasharing, Posting ini saya buat Referensi dari kaskus.us di sana ada member yang bertanya

'Permisi gan ane mau tanya kok komputer ane pas abis loading masuk ke home windows tiba tiba langsung ada layar biru sangat cepat langsung restart terus terisan gak bisa masuk ke dektop awal nya ane abis upload eh pas ane tinggal AFK langsung gak gerak semua mohon pencerahannya gan'

Pertama saya baca dan terawang Kaya dukun ya :D dari pertanyaan di atas menurut yang saya alami kejadian itu saya sebut blue scren, komputer eror bisa dari hadrware atau softwarenya ada yang carsh. komputer secara tiba-tiba laya biru penuh dan langsung restart,bagi yang belum mengerti blue scren silahkan simak. Pengertian blue scren nemu di blog orang sumber Blue screen adalah pesan error yang terjadi pada komputer anda terutama windows, yang bisa dijadikan pegangan untuk memperbaiki kerusakan pada komputer kita, berikut sedikit arti dari "Blue Screen" yang sering terjadi.


IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)
Error ini yang paling sering muncul pada saat terjadi Blue Screen.
Pesan kesalahan ini biasanya disebabkan kerena ada ketidakcocokan driver yang terinstall di komputer.
Penyebabnya:
- Driver yang bentrok atau tidak cocok
- Permasalahan pada Video Card, hal ini mencakup video card yang di overclock melebihi batas atau Anda baru berganti Video card dan Anda belum menguninstall driver Video card lama dari chipset berbeda Permasalahan pada Audio Card, meliputi kesalahan konfigurasi atau bug dalam driver sound card


NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)
Pesan error ini setidaknya sudah sedikit memberikan gambaran di mana kerusakan berada, yaitu ada di partisi atau filesystemnya tetapi bukan di harddisknya.
Kita bisa melakukan pengecekan dengan memeriksa kabel SATA atau PATA atau bisa mengecek partisi dengan tool chkdsk.


UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)
Bila Anda mendapatkan pesan error seperti ini, dapat disebabkan karena:
- Overclock Hardware yang berlebihan
- Komponen komputer yang terlalu panas
- BIOS yang korup
- Memory dan CPU yang cacat


DATA_BUS_ERROR
Pesan error ini disebabkan karena adanya kemungkinan bahwa memory atau slot memory di motherboard rusak.


PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
Pesan error ini disebabkan karena adanya kerusakan hardware, termasuk memory utama, memory video card, atau memory di processor (L2 Cache)


INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
Pesan error ini disebabkan karena adanya kesalahan dalam konfigurasi jumper harddisk yang salah, virus boot sector, driver IDE controller yang salah, atau kesalahan driver chipset.


VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE
Pesan error ini disebabkan karena adanya Kesalahan terjadi pada instalasi driver video card yang kurang sempurna, restart pada saat instalasi atau juga dapat terjadi karena kesalahan dalam instalasi driver.


BAD_POOL_CALLER
Pesan error ini disebabkan karena adanya Kesalahan ini dapat terjadi karena kesalahan atau driver yang tidak kompatibel. Sering terjadi saat melakukan instalasi XP dari upgrade, atau bukan dari instalasi baru.


PEN_LIST_CORRUPT
Pesan error ini disebabkan karena adanya kerusakan RAM


MACHINE_CHECK_EXCEPTION
Pesan error ini disebabkan oleh cacatnya CPU, atau yang di overclock secara agresif, serta power supply yang kekurangan daya atau rusak.


Dengan mengetahui arti "BlueScreen" maka akan membantu kita dalam menganalisa permasalahan yang terjadi pada komputer kita, baik software maupun hardware, selain dengan melihat "blue screen" kita juga bisa mengetahui kesalahan pada hardware kita dengan mendengarkan "beep Code" pada saat komputer booting awal.


Tapi kasus-kasus semua di atas jarang di alami, yang sering biasanya akibat pengaruh RAM,VGA, Dan System yang crash.

Untuk mengatasi blue scren ini simak caranya di bawah ini :)

- Pertama cek semua komponen yang ada di komputer, mulai dari RAM,VGA,Mainboard,HDD,
apakah sudah terpasang dengan baik.

- Kedua komponen diatas tadi coba kamu copot dan bersihkan satu demi satu dengan teliti dan
berhati-hati, untuk RAM dan VGA biasanya dibersihkan dengan pengahapus biasa di gosok
bagian keemasannya secara perlahan dan hati-hati.

- Untuk mainboard bisa kamu bersihkan dengan kuas sampai tidak ada debu yang menempel
pada mainboard tersebut

- Setelah semua bersih coba kamu pasang dengan benar dan pas, dan cek kabelnya yang
tersambung dari Power suply ke mainboard serta kabel yang lain. Sehabis itu coba di nyalakan
biasanya setelah di maintence seperti itu komputer normal seperti biasanya, tapi kalau masih
blue scren juga bisa kemungkinan juga di karenakan system crash dan anda harus instal ulang
systemnya :D ( Solusi Akhir ). Sekian share ane menurut pengalaman sendiri sih :)

Keyword : Blue Screen Pada Komputer, blue scren akibat virus, pengertian blue scren, solusi komputer blue scren, Tutorial
Share this article :

19 comments:

Friski Gatra mengatakan...

oh gitu ya sob nice share :D

Adhin site' mengatakan...

Terima kasih agan Friski udah Mampir :)

Tonnys mengatakan...

hehe..saya pernah alami yg ginian gan..waktu sementara shutdown, berbarengan dengan itu, saya cabut modem, wuihh langsung deh biru smua tu layar gan..habis itu gak bis lagi deh laptop, krn gak bisa perbaiki sendiri, terpaksa dibawah ke servis hehe.., laptopnya jadi tapi duit melayang 100 ribu haha..tpi syukurlah laptopnya aman sentosa skarang...makasih dan nambah info ini gan :)

Adhin site' mengatakan...

@agan tony : hehe gan kadang kala kalau kita tahu sedikit aja ilmunya insya allah gan kita bisa ngatasinnya,makannya ane sharing sedikit berdasarkan pengelaman juga :D. terima kasih udah mampir .

Musa Khairul Umam mengatakan...

Untungnya saya belum pernah kena masalah kaya gini hehehe....

Adhin site' mengatakan...

Syukur gan . tapi buat nambah2 ilmu silahkan di bookmark :D

masnady_bloegreen mengatakan...

wah info yg bermanfaat bgt nih gan..?? ijin nyimak gan...?? makasih dah share info nya..???

Adhin site' mengatakan...

iya gan sama-sama gan , terima kasih udah mampir dan meninggalkan jejak di mari :)

kangFarhan mengatakan...

Bisa memberi pencerahan bagi yg blom mengenal BSOD nih kayaknya....nice article bang

Adhin site' mengatakan...

ya saling share bang, terimakasih udah mampir bang :)

SEO | Computer mengatakan...

Seems helpful..

Adhin site' mengatakan...

@Seo | Computer : Glad to help :)

Arief Ahsan mengatakan...

thanks

Adhin site' mengatakan...

@arif : Mudah2an bermanfaat ya :)

Sakahayang Kang Asep mengatakan...

Yang sering terjadi itu yang pertama yang disebabkan install sw sembarangan tanpa membaca dulu role-nya.

thx sudah share pengetahuannya

Happy blogging

Adhin site' mengatakan...

@Kang Asep : Terima kasih atas tambahan nya kang :)

Fikri mengatakan...

Wah mantap sob sharingnya...
saya kira hanya ada satu jenis... eror waktu blue screen.. ternyata ada pesannya (kurang teliti nih)... terimakasih sob. tambah ilmunya nih :-)

Duniasharing.com mengatakan...

@Fikri : iya gan banyak jenisnya heheh

Anonim mengatakan...

aku kira blue screen pasti virus,makanya lsg reinstall :( ..bermanfaat bgt neh masbro,semoga barokah yaa.. ;)

Posting Komentar

Silahkan melakukan komentar untuk kemajuan blog ini,komentar yang bijak dan menghargai sesama blogger :)

*Bagi siapa saja yang melakukan spam mohon maaf admin tidak segan-segan untuk menghapus komentar anda. Terima kasih.

Belum tahu cara menggabungkan file yang berextension .001?? Caranya di sini

Pengikut

 
Support : Johny Demosite | WW Wagering
Copyright © 2011. Duniasharing | Bukan Sekedar Berbagi - All Rights Reserved
Template Modify by Duniasharing.com Inspired Wordpress Hack