Belum tahu cara menggabungkan file yang berextension .001?? Caranya di sini

Kontraksi Otot Leher Secara Tiba-Tiba

Dunia sharing. Cervical dystonia, juga disebut sebagai tortikolis spasmodik, adalah suatu kondisi yang menyakitkan di mana otot-otot leher tanpa sengaja kontraksi. Kontraksi tersebut menyebabkan kepala memutar atau berbelok ke satu sisi. Cervical dystonia juga dapat menyebabkan kepala miring ke depan tak terkendali atau mundur. Kondisi tersebut merupakan sebuah gangguan langka yang dapat terjadi pada semua usia, bahkan bayi.

Cervical dystonia paling sering terjadi pada orang paruh baya, lebih banyak terjadi pada wanita daripada pria. Gejala umumnya mulai secara bertahap dan kemudian mencapai titik di mana tidak mendapatkan substansial yang lebih buruk. Tidak ada obat untuk cervical dystonia. Gangguan tersebut kadang-kadang sembuh tanpa pengobatan, namun remisi berkelanjutan jarang terjadi. Penyuntikan toksin botulinum ke dalam otot yang terkena sering dapat mengurangi tanda dan gejala cervical dystonia. Pembedahan mungkin sesuai dan dapat dilakukan dalam beberapa kasus.

Penyebab

Dalam kebanyakan kasus cervical dystonia, dokter tidak tahu mengapa beberapa orang mengembangkan gangguan tersebut. Beberapa kasus, tampaknya dapat terkait dengan:

1. Cedera kepala, leher, atau bahu
2. Penggunaan obat, terutama antipsikotik tertentu atau agen anti nausea

Gejala

Kontraksi otot yang terlibat dalam cervical dystonia dapat menyebabkan kepala untuk memutar dalam berbagai arah, termasuk:
1. Dagu menuju ke arah bahu
2. Telinga menuju ke arah bahu
3. Dagu lurus ke atas
4. Dagu lurus ke bawah

Jenis yang paling umum dan terkait dengan cervical dystonia adalah ketika dagu ditarik ke arah bahu. Beberapa orang mengalami kombinasi dari postur kepala yang abnormal. Sebuah gerak menyentak dari kepala juga dapat terjadi. Kebanyakan orang yang telah mengalami cervical dystonia juga mengalami sakit leher yang dapat menjalar hingga bahu. Gangguan tersebut juga dapat menyebabkan sakit kepala. Pada beberapa orang, rasa sakit dari cervical dystonia dapat melelahkan dan melumpuhkan.

Pengobatan

Tidak ada obat untuk cervical dystonia. Pada beberapa orang, tanda dan gejalanya dapat hilang tanpa pengobatan, namun kekambuhan adalah umum terjadi. Perawatan berfokus pada meringankan tanda dan gejala.

Obat-obatan

Orang yang memiliki cervical dystonia sering harus menggunakan kombinasi obat untuk meredakan tanda dan gejala. Obat-obatan tersebut antara lain:

1. Toksin botulinum
Agen ini sering digunakan untuk menghaluskan kerutan wajah, dapat disuntikkan langsung ke otot-otot leher yang terkena cervical dystonia. Kebanyakan orang dengan cervical dystonia menunjukkan perbaikan langsung dengan pengobatan ini, yang biasanya harus diulang setiap 3-4 bulan.

2. Obat parkinson
Obat yang digunakan untuk memerangi tremor berhubungan dengan penyakit Parkinson, termasuk trihexyphenidyl dan benztropine (Cogentin), dapat digunakan dalam kombinasi dengan suntikan toksin botulinum. Efek samping yang sering terjadi, antara lain mulut kering, konstipasi, masalah memori, aliran urin berkurang, atau penglihatan kabur.

3. Relaksan otot
Obat ini sering membantu sedikit, tetapi juga memiliki efek samping, terutama sedasi, ketidakseimbangan, dan gangguan kognitif ringan. Contohnya termasuk diazepam (Valium, Diastat), lorazepam (Ativan), clonazepam (Klonopin), dan baclofen (Lioresal).

4. Obat nyeri
Rasa sakit dari cervical dystonia mungkin memerlukan terapi obat. Hal tersebut dapat berkisar dari obat penghilang rasa sakit yang tersedia secara bebas di pasaran atau obat nyeri dengan resep dokter.

Terapi

Tanda dan gejala cervical dystonia kadang-kadang dapat berkurang oleh:
1. Olahraga yang meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas leher
2. Menggunakan penyangga leher
3. Pelatihan dalam teknik manajemen stres

Bedah dan prosedur lainnya

Jika perawatan yang kurang invasif tidak membantu, dokter mungkin akan menyarankan untuk menjalani prosedur operasi. Prosedur operasi yang dapat dijalani, antara lain:
1. Memotong otot atau saraf
2. Deep brain stimulation (DBS)

Sumber: MayoClinic

Anak gemuk, dan kadang susah buat nurunin berat badan nya coba baca artikel ini . turunkan berat badan anak dengan aman
Share this article :

1 comments:

pelatihan kalibrasi 2012 mengatakan...

memang bahaya tuh kontraksi otot leher,
hati-hati aja soalnya terapinya setahu saya ga cuma yang di sebutin di atas..
selain Pelatihan dalam teknik manajemen stres, banyak pelatihan - pelatihan khusus lainnya,misal pelatihan hidup sehat agar tidak terkena kontraksi lagi, dan pelatihan peregangan daerah leher , semacam di pijat begitu lah..

Posting Komentar

Silahkan melakukan komentar untuk kemajuan blog ini,komentar yang bijak dan menghargai sesama blogger :)

*Bagi siapa saja yang melakukan spam mohon maaf admin tidak segan-segan untuk menghapus komentar anda. Terima kasih.

Belum tahu cara menggabungkan file yang berextension .001?? Caranya di sini

Pengikut

 
Support : Johny Demosite | WW Wagering
Copyright © 2011. Duniasharing | Bukan Sekedar Berbagi - All Rights Reserved
Template Modify by Duniasharing.com Inspired Wordpress Hack